Rabu, 10 Februari 2010

berkreasi dengan photoshop












Roy Prismayudi

Hai semua….siap berekpresi?

OK. Kalau begitu kita langsung saja, kali ini saya akan tunjukkan bagaimana berkreasi dengan photoshop. Tentunya kalian semua sudah pada tahu bahwa potoshop selain bisa digunakan untuk mengedit photo, software yang satu ini juga sangat cocok untuk berkreasi dan berekspresi sesuka kita. Salah satu nya yaitu dengan melukis atau menggambar langsung di photoshop. Dengan berbagai tools dan juga intrumen lain seperti layer dan sebagainya membuat banyak orang kecantol dengan software yang satu ini. OK deh biar gak banyak omong kita langsung saja pada proyek kita kali ini. Dalam misi ini saya akan mendemokan bagaimana mewarnai gambar dengan photoshop 7.

Sebelumnya saya kasi tahu apa-apa saja yang diperlukan :

  1. Komputer pastinya
  2. Photoshop 7 (Photoshop yang lain juga boleh)
  3. Pensil
  4. Kertas A4 (yang penting bisa di-coret-in)
  5. Karet penghapus
  6. Scanner (kamera juga boleh)

OK. Kalau semuanya sudah siap di depan kalian semua, sekarang waktunya beraksi.............!

Ikuti langkah-langkah berikut!

Step 1. Skectching (membuat sketsa)

Step pertama kita lakukan di luar komputer alias manual. Kalian buat sketsa gambar dengan pensil di kertas A4 yang sudah disediakan. ”Just explore and express your self freely, make everything that you want”. Kali ini saya menggambar tokoh kartun Naruto.




















Step 2. Scanning (mentransfer sketsa ke komputer)

Dalam tahap ini sketsa yang telah kalian buat akan ditransfer ke komputer untuk di edit/ diwarnai dengan software kebanggaan kita ”photoshop”.














Jika kalian tidak punya scanner kalian bisa memakai kamera digital atau kamera handphone. Pokoknya maksimalkan semua yang kalian miliki. Selama ada tekad yang kuat untuk berkreasi pasti ada jalan.



Step 3. Coloring (mewarnai dengan Photoshop)

Nah sekarang kita tiba di step ketiga, step ini merupakan main step dalam project ini dan menurut saya di sinilah step yang paling menyenangkan karena kita bisa berexperimen dan juga berexpresi semau kita. Oh ya sebenernya kita bisa skip (melewati) langkah pertama dan kedua. Itu berarti proses skectcing kita lakukan langsung di dalam photoshop. Lalu pertanyaannya sekarang adalah ”bagaimana menggambar dengan komputer masa pake mouse?” Pengalaman saya menjawab ”ya”. Kita bisa menggambar langsung di photoshop dengan ”mouse” (mungkin untuk tutorial yang lain nanti akan saya tunjukkan cara menggambar langsung di photoshop dengan mouse). Namun untuk bisa pada tahap itu tentunya perlu latihan dan experimen yang rutin. Tapi untuk kalian yang punya modal lebih bisa pake pen mouse , yaitu sebuah mouse yang berbentuk pensil untuk menggambar langsung di komputer. (Tapi saya juga belum punya......he2).

OK. Sekarang kita kembali ke project kita, saya harap kalian masih bersemangat karena kita akan ke step yang paling penting. Kalo gitu lansung aja ikuti saya:


1. Langkah pertama buka program photoshop kalian
2. Buka file (gambar) yang sudah kalian scan






















3. Agar sketsa menjadi lebih jelas kita bisa mengubah adjusment dari sketsa tersebut. Caranya klik image- adjusment-color balance. Utak-atik deh sesuka kalian, sampai didapat kualitas sketsa yang terbaik.


















Pengaturan color balance juga berfungsi untuk menghilangkan noda2 atau bercak saat proses sketching dengan pensil, saat menghapus atau karena proses scanning.



  1. Setelah semuanya sip, sekarang kita lanjutkan ke tahap berikutnya. Nah sekarang buat layer baru, sekarang kita punya 2 layer. Layer pertama adalah layer yang berisi gambar sketch yang sudah kita buat (kasi nama sketch) dan diatasnya layer kosong tempat memberi warna (kasi nama color). Pembuatan layer baru ini akan memudahkan kita bekerja karena layer dibawahnya (layer sketch) tak akan terpengaruh saat terjadi kesalahan mewarnai.

  1. Nah sekarang waktunya beraksi... kita eksekusi saja sketsanya. Kalian bisa memakai brush tool atau paint buket tool. Pilih warna yang kalian suka, photoshop memberikan pilihan warna yang begitu banyak.
















  1. Berikan warna dasar yang anda inginkan pada layer color.























7. Sekarng kita kasi warna yang agak lebih tua untuk memberi effek bayangan sehingga gambar Narutonya terlihat lebih hidup. Oh ya sebenernya photoshop punya burn tool tapi saya tidak menggunakannya karena sulit untuk mengatur intensitasnya (bisa menjadi terlalu gelap) sehingga hasilnya tidak bagus.






















Nah karena alasan itu saya tetap memakai brush tool dan untuk memberi effect shadow/bayangan caranya adalah pakai color picker untuk mendapatkan warna yang akan dicari bayangannya lalu select foreground color di color picker dan pilih warna yang agak lebih tua. Gimana gampangkan...? Atau jadi bingung...? Wah jangan sampe deh jadi bingung, pokoknya obrak-abrik aja lagipula kalo salah atau kamu merasa gak puas dengan hasilnya kan bisa di UNDO aja...



8. Woit makin seru aja ni....tapi itu belum selesai. Sekarang kita menambahkan effect lighting/cahaya. Konsepnya sama dengan effect shadow tapi sekarang warnanya diganti dengan yang leibih muda atau terang. Di obrak-abrik....sim-sala-bim....jrenggg...!

Kurang lebih seperni ini jadinya....



















9. Utak-atik....Utak-atik. Ayo tinggal selangkah lagi....OK sekarang tinggal finishing. Pada tahap ini kalian bisa repairing/memperbaiki beberapa kesalahan seperti ada warna yang belum rata dan mungkin juga kalian bisa mempertegas kontur agar gambar terlihat jelas dan tidak ragu.

























Nah nie dia hasil akhirnya ....

OK. Deh kalo begitu.....

Gimana gampang kan buatnya ...?

Saya ingetin lagi ya, dalam project kita kali ini ada 3 tahapan utama dalam mewarnai dengan photoshop yaitu yang pertama adalah mewarnai dengan warna dasar, kedua memberi effect shadow/bayangan dan terahir memberikan effect lighting/cahaya.

Nah semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Kalau ada yang mau ditanyakan atau mau memberi masukan monggo..langsung aja...tak tunggu ya....

Ingat tetap berkreasi............!





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar